Sumber Ilmu

0
75
views
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin
 
يايها الذين امنوا اطيعوا الله واطيعوا الرسول واولى الامر منكم
 
“Duhai orang-orang yang beriman, taatlah kalian semua kepada Allah, kepada Rasulullah dan kepada Ulil Amri di antara kalian.”
 
Sumber ilmu ada 3:
1. Alquran.
2. Hadits.
3. Ulil Amri.
 
1. Alquran adalah kalamullah. Alquran diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Kodifikasi mush-haf Alquran dimulai pada masa Abu Bakar Ash Shiddiq dan disempurnakan pada masa Utsman Ibnu Affan. Kodifikasi ini dimulai dari Surat al Fatihah dan diakhiri Surat an Naas. Ini merupakan inovasi (bid’ah) yang luar biasa fenomenal. Alquran adalah Dalil Naqli.
 
2. Assunnah atau Hadits adalah sabda Rasulullah SAW, perbuatan Rasulullah SAW dan pembiaran Rasulullah SAW terhadap aktivitas sahabat. Assunnah adalah Dalil Naqli.
 
3. Ulil Amri ada dua besaran, yakni Ulama dan Umara. Ulama terdiri dari Ulama urusan Zhahir yang membedah Fiqih (Fuqaha) dan Ulama urusan Bathin yang membedah Tasawuf (Sufi). Ulama dari masa sahabat sampai Ulama kontemporer. Sedangkan Umara adalah negara dan pemerintahan dari level Rukun Tetangga (RT) sampai Kepala Negara dan Pemerintahan yang mengatur ketentuan Legal Formal dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Rujukan Ngaji Muamalah tidak akan terlepas dari 3 sumber ilmu tersebut.
 
WaLlaahu a’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here