Bank Syariah Tidak Boleh Dagang?

Bank Syariah Tidak Boleh Dagang

Kritikan:

“Bank Syariah tidak boleh dagang.”

Jawaban:

Bank Syariah tidak boleh dagang? Siapa bilang? | Bank Syariah malah WAJIB DAGANG [jika mau ambil untung]. Legal formal. Dan tak akan ada lembaga bisnis seperti Bank Syariah yang tidak ingin ambil untung. Dan itu sangat sah.

Kok bisa dibilang Bank Syariah wajib dagang? Kalau nggak dagang, ya nggak beroperasi. Sudah bubar. | Perhatikan logika itu.

“BI dan OJK mengatur agar Bank Syariah berdagang. | Sesuai Syariat Islam & Legal Formal NKRI.” Ifham Quotes
  • BI atau OJK yang melarang Bank Syariah berdagang? | Walah, malah kebalik logikanya. BI dan OJK nggak pernah melarang Bank Syariah untuk berdagang. Bahkan mau tidak mau Bank Syariah harus ikut aturan BI dan OJK untuk berdagang jika Bank Syariah mau ambil profit. Malah BI dan OJK yang ngatur agar Bank Syariah berdagang.

Ada rujukannya? | Ada berbagai dokumen yang membela dagangnya Bank Syariah. Fatwa DSN MUI, UU NKRI, PBI, SEBI, POJK, SEOJK, PAPSI, PSAK, SOP, Juklak, Juknis Bank Syariah kan mengatur, jika Bank Syariah ingin ambil profit maka perjanjian legalnya harus perjanjian legal dagang, menggunakan istilah dagang. Legal formal. Tidak liar. Bacalah. Bacalah.

  • Dagang yang gimana? | Dagang menurut Alquran itu tijarah. Alquran juga nyebut kata Bay’ alias Jual Beli. Ada jenis dagang satu lagi yakni Kongsi [yang harus melewati akad jual beli jika ingin ada hasil]. Dagang kan itu? Jual Beli dan Kongsi. Dokumen perjanjiannya legal formal lho.

Pernah baca semua dokumen tersebut? | Kalau belum pernah, hati-hatilah menebar kabar tidak benar bahwa Bank Syariah tidak boleh dagang. Mengabarkan hal yang tidak akurat adalah ciri paling utama dari munafiq.

Undang-Undang NKRI, BI, OJK dan semua regulasi terkait mengatur jika Bank Syariah ambil profit, maka Bank Syariah harus menggunakan skema transaksi dagang. Dan tidak ada Bank Syariah hidup tanpa ambil profit. Maka, akadnya pasti akad dagang. Dagang [tijarah] terdiri dari Jual Beli [Bay’] dan Kongsi [Syirkah]

Jadi, Bank Syariah wajib dagang. Tidak bisa tidak. Legal formal NKRI.

Simpulan:

Bank Syariah wajib dagang. Tidak boleh tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *