Pendahuluan

Pendahuluan

Sobat iB-Lovers..

Apakah Anda sering menemukan kritikan terhadap Bank Syariah? Apakah Anda tidak bisa mudah menjawab kritikan itu secara akurat? Dan apakah Anda ingin menemukan cara menjawabnya secara akurat? | Jika iya, mari simak satu demi satu, halaman demi halaman dari buku ini. Anda temukan jawabannya. Anda temukan juga logika fikihnya.

Buku ini membedah tudingan miring tentang Bank Syariah yang paling sering muncul, logika berpikir para penudingnya dan cara menjawabnya secara akurat, serasi dengan logika fatwa [dan ushul fiqh], logika regulasi, logika prosedur teknis sampai dengan logika praktik.

Buku ini berisi rumusan utama logika Bank Syariah berdasarkan logika sederhana, singkat, padat, dan sarat makna. Logika sederhana, namun akurat dari sisi ushul fiqh, akurat dari sisi logika konsep dan praktik sekaligus.

Logika yang tertuang di buku ini sangat simpel dan sederhana, menyesuaikan dengan tingkat pemahaman praktisi dan publik yang beragam. Tidak semua praktisi dan publik bisa otomatis siap memahami dalil naqli. Tak semua nyaman dengan tulisan panjang lebar bertele-tele berbahasa Arab. Tak semua pemirsa bisa menikmati buku yang penuh dalil naqli.

Di buku ini, Anda akan menikmati sajian ulasan tentang:

  1. Cara menjawab tudingan miring pada Bank Syariah.
  2. Logika dagang secara sederhana. | Sesuai Syariah.
  3. Para Pembela Bank Syariah. | Syariat dan Legal.
  4. Rumusan logika fikih. | Agar Anda tepat berlogika.
  5. Cara mengkritik Bank Syariah. | Agar valid. Akurat.
  6. Cara kampanye Ayo Ke Bank Syariah | #iLoveiB

Mari kita luruskan tudingan miring itu. Mari kita komunikasikan dengan baik dan akurat. Mari kita ajak Haters Bank Syariah menjadi Lovers Bank Syariah.

Saya [penulis] siap membedah setiap persoalan secara offline maupun online untuk setiap konten buku ini dari sisi Ushul Fiqh, dari Dalil sampai Logika praktis legal formal. | Saya berusaha memastikan bahwa konten buku ini tidak berlawanan dengan logika Ushul Fiqh Fatwa DSN MUI. Legal formal. Tidak liar.

Ayo Ke Bank Syariah! #iLoveiB

========================

Ilmu logika praktik di buku ini JUGA saya sarikan dari pengalaman kerja saya sebagai berikut:

  1. KARIM Business Consulting [Konsultan Bisnis dan Keuangan Syariah oleh Dr. Ir. Adiwarman Azwar Karim, SE, MBA, MAEP], onsite di berbagai Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Syariah lainnya
  2. Batasa Tazkia Consulting [Konsultan Bisnis dan Keuangan Syariah oleh Dr. M. Syafii Antonio, MEc], onsite di BRI Syariah
  3. PT Multipolar Tbk. [Grup Lippo, pemilik aplikasi Core Banking System Bank Syariah, VisionSharia], onsite implementasi di Bank Syariah
  4. PT Anabatic Tbk. [Grup Titan, implementor aplikasi Core Banking System Bank Syariah, T24 Temenos], onsite implementasi di beberapa Bank Syariah
  5. BNI Syariah [Manager HRD, Manager Operasional, Wakil Kepala Cabang BNI Syariah Pekalongan]
  6. Kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan di BPRS Harta Insan Karimah Ciledug.

—————————————————————————————————————————————

  1. Mendirikan Amana Sharia Consulting [ASC], konsultan di berbagai Bank Syariah
  2. Konsultan lepas di LPPI [Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia], konsultan di berbagai Bank Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *